Selasa, 03 Juli 2012

TV SANKEN BAZZON nicam stereo


     Pada hari minggu yng lalu saya mengerjakan TV SANKEN BAZZON 29" dengan kerusakan mati total dan setelah pengecekan ternyata TR Horizontal short. Mulailah dengan pengangkatan TR tersebut, kemudian cek tegangan ada sekitar 125V berarti ada kemungkinan normal tetapi kenapa TR bisa jebol??? kemudian saya memeriksa bagian Horizontal mulai memeriksa Capasitor satu persatu beserta dioda ternyata normal semua. Saya beranikan untuk mengganti TR yang baru dan...TV bisa menyala tapi logo SANKEN sangat melebar sekali dan tiba - tiba pet..ngik ngik ngik tv mati dan terdengar bunyi Travo inverter berdengik ternyata TR jebol lagi. Akhirnya saya teringat dengan kasus TV LG yang gambarnya melebar cuma kalo di LG TR Hor tidak jebol.

     Setelah saya periksa ulang ternyata ada Capasitor 360n 250v nilainya sudah berubah setelah saya bandingkan dengan yang baru ternyata bergerak separuh dibanding yang baru bila diukur dengan tester menggunakan X100K. Akhirnya saya tidak ragu - ragu menggantinya dengan yang baru dan juga mengganti TR Hor D1557 karena tidak dapat type ini saya gunakan D2638  dan juga mengganti C 1uf 250v.

     Mulailah menghidupkan TV.....dan logo SANKEN sudah tidak melebar lagi sambil saya pegang heatsink TR hor siapa tahu panasnya berlebihan dan ternyata normal.  TV pun langsung OK...!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821