• Selasa, 10 Juli 2012

    Tutorial awal reparasi tv untuk pemula


    Sebelum membahas lebih jauh tentang TV berwarna, coba anda pikirkan bagaimana mungkin sebuah radio bisa kita dengar siarannya atau sebu- ah TV bisa kita lihat dan dengar siarannya ? Inilah yang disebut teleko- munikasi ( komunikasi jarak jauh). Komunikasi satu arah ini dapat terjadi karena ada pemancar dan penerimanya dan masing-masing mempunyai syarat yang harus dipenuhi agar terjadi komunikasi tersebut. Persyaratannya  adalah:  informasi  yang  dikirim  berupa  suara  (pada radio) atau suara dan gambar (pada TV) dibawa oleh sinyal pembawa, yang kita kenal dengan modulasi (rangkaiannya disebut modulator) pada fre-kuensi  tertentu.  Pada  radio  ada  dua  cara  memodulasi  yaitu  AM (ampli-tudo  modulation)  dan  FM  (Frequency  Modulation),  sedangkan pada TV dengan sistem FM. Frekuensi modulasi inilah yang menjadikan kita dapat menangkap siaran suatu stasiun radio ataupun stasiun TV. Saat kita mencari gelombang frekuensi suatu siaran itu artinya kita menyamakan frekuensi penerima kita dengan frekuensi pemancarnya. Jadi walau ba-nyak siaran radio dan TV dimana-mana yang tertangkap oleh antena ra-dio / TV penerima di rumah, tetapi yang dapat kita dengar atau lihat ha-nya satu stasiun pemancar saja pada frekuensi tertentu. Kalau kita hen-dak mendengarkan atau melihat stasiun pemancar yang lain, maka kita harus mencari dengan cara merubah frekuensi penerima kita (di tuning) yang disesuaikan dengan frekuensi dari pemancar yang kita cari. Inilah proses telekomunikasi satu arah saja, yang satu memancarkan saja se-dangkan yang lainnya menerima.
    Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat
    melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemu- an roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di
    Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi atau teve .
    Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hu- kum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elek- tronik. Kemudian berturut-turut ditemukan tabung sinar katoda (CRT), sistem televisi hitam putih, dan sistem televisi berwarna. Tentunya per- kembangan ilmu ini akan terus maju apalagi dengan ditemukannya LCD, yang membuat TV dizaman ini semakin tipis dengan hasil gambar yang tak kalah bagusnya dengan TV tabung.
    Jadi dizaman ini kita harus tahu betul tentang TV karena hampir semua rumah  tangga  mempunyai TV    baik  yang  hitam  putih  maupun  yang berwarna. Anda siap untuk mempelajarinya ?
    Televisi (TV) yang kita kenal terdiri dari dua jenis, yaitu:
    a.  Televisi   hitam   putih


    b.  Televisi berwarna

    Pada televisi hitam putih tidak dapat dilihat gambar sesuai dengan warna aslinya. Apapun yang terlihat dilayar kaca hanya tampak warna hitam dan putih. Hal ini sangat berbeda dengan televisi berwarna, yakni warna gam- bar yang tampil di layar akan terlihat menyerupai aslinya.
    Gambar yang kita lihat di layar tele- visi adalah hasil produksi dari sebu- ah kamera. Objek gambar yang di- tangkap lensa kamera

     Pengambilan Gambar oleh Kamera dan disalurkan ke TV
    akan dipisahkan berdasarkan tiga warna dasar, yaitu merah (R= red), hijau (G=green), dan biru (B=blue). Hasil tersebut akan dipancarkan oleh pemancar televisi.
    Pemancar TV berwarna memancar- kan sinyal-sinyal :
    - Audio (bunyi)
    - Luminansi (kecerahan gambar)
    - Krominansi (warna)
    - Sinkronisasi vertikal / horizontal
    - Burst
    Pada pesawat televisi berwarna, se- mua warna alamiah yang telah dipi- sah ke dalam warna dasar R (red), G (green), dan B (blue) akan dicampur kembali   pada   rangkaian   matriks
    warna untuk menghasilkan sinyal lu-
    minasi Y dan dua sinyal krominansi, yaitu V dan U menurut persamaan berikut :

    Y = +0.30R +0.59G+0.11B V = 0,877 ( R - Y )
    U = 0,493 ( B- Y )

    Selain gambar, pemancar televisi juga membawa sinyal suara yang ditrans- misikan bersama sinyal gambar dalam modulasi frekuensi (FM) untuk meng- hindari derau (noise) dan interferensi. Sistem  pemancar  televisi  yang  kita kenal          diantaranya:    NTSC, PAL, SECAM, dan PAL B.  NTSC (National Television       System     Committee) digunakan di Amerika Serikat,

    sistem PAL (Phases Alternating Line) digunakan di Inggris, sis- tem SECAM (Sequen tial Coleur a’Memorie) digunakan di Prancis. Sementara itu, Indonesia sendiri menggunakan sistem PAL B. Hal yang membedakan sistem terse- but adalah: format gambar, jarak frekuensi pembawa, dan pem- bawa suara.

    Prinsip Kerja TV Berwarna
    Blok diagram sebuah TV berwarna secara lengkap adalah:

    Contoh Rangkaian TV Berwarna
     
     Secara garis besar blok tersebut memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
    a.Rangkaian Penala (Tuner)
    Contohnya dapat dilihat pada gambar

    Rangkaian penala berfungsi untuk menerima  sinyal  masuk  (gelombang TV) dari antena dan mengubahnya menjadi sinyal frekuensi IF.
     
    Tuner mempunyai tiga bagian utama sebagai berikut:
    RF Amplifier.
    Berfungsi untuk memperkuat sinyal yang diterima antena.
    Lokal Osilator.
    Berfungsi untuk membangkitkan si- nyal frekuensi tinggi. Besar frekuensi
    osilator dibuat selalu lebih besar di-
    bandingkan frekuensi RF yang diteri- ma antena (sebesar frekuensi-RF+IF).
    Mixer.
    Oleh mixer sinyal RF dan sinyal
    ga 1.000 kali, karena output Tu- ner merupakan sinyal yang lemah dan sangat tergantung pada jarak pemancar, posisi penerima, dan bentang alam. Rangkaian ini juga berguna untuk membuang gelom- bang lain yang tidak dibutuhkan dan meredam interferensi pela- yangan gelombang pembawa suara yang mengganggu gambar.

    b..   Penguat       IF    (Intermediate
    Frequency)

    c.  Rangkaian Detektor Video Rangkaian ini berfungsi sebagai pendeteksi sinyal video komposit yang  keluar  dari  penguat  IF gambar. Selain itu, rangkaian ini berfungsi pula sebagai peredam seluruh sinyal yang mengganggu karena  apabila  ada  sinyal  lain yang masuk akan  mengakibat- kan buruknya kualitas gambar. Salah satu sinyal yang diredam adalah sinyal suara.
    d. Rangkaian Penguat Video
    Rangkaian ini berfungsi sebagai pengu- at sinyal luminan yang berasal dari de- tektor video sehingga dapat menjalan- kan layar kaca atau CRT (catode ray tube}. Di dalam rangkaian penguat vi - deo   terdapat  pula  rangkaian  ABL
    (automatic brightnees level) atau pengatur kuat cahaya otomatis yang ber- fungsi untuk melindungi rangkaian te- gangan tinggi dari tegangan muatan le- bih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca.
    e.Rangkaian   AGC   (Automatic   Gain Control)

    Rangkaian AGC berfungsi untuk mengatur penguatan in- put secara otomatis. Rangkaian ini akan menstabilkan sendiri input sinyal televisi yang berubah-ubah sehingga output yang dihasilkannya menjadi konstan.
    Gambar diatas Rangkaian AGC. Lingkaran merah menunjukkan komponen AGC yang Berada di dalam Sebagian IC dan Sebagian Tuner

    AGC Model Lain. Beberapa merek TV memiliki AGC yang Berdiri Sendiri seperti Ditunjukkan oleh Tanda Silang.

    f. Rangkaian Penstabil Penerima
    Gelombang TV
    Rangkaian penstabil penerima ge- lombang TV di antaranya adalah AGC dan AFT. AGC (automatic gain control) akan menguatkan sinyal  jika  sinyal  yang  diterima
    terlalu lemah. Sebaliknya, jika sinyal
    yang diterima terlalu besar, AGC de- ngan sendirinya akan memperkecil sinyal. Sementara itu, AFT (auto- matic fine tuning) atau penala halus secara otomatis akan mengatur frekuensi pembawa gambar dari penguat IF secara otomatis.
    g. Rangkaian Defleksi Sinkronisasi Rangkaian ini terdiri dari empat blok, yaitu (gambar 6.77):
    ●    Rangkaian sinkronisasi,
    ●    Rangkaian defleksi vertikal,
    ●    Rangkaian defleksi horizontal,
    ●    Rangkaian pembangkit tegangan tinggi.
     Rangkaian Defleksi Sinkronisasi ditunjukkan Batas Garis Hitam

     h. Rangkaian Suara (Audio)
     Suara yang kita dengar adalah hasil ker- ja dari rangkaian ini sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Sebe- lumnya, sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar.

    i. Rangkaian Catu Daya (Power Supply) Rangkaian ini berfungsi untuk mengubah tegangan AC  menjadi DC yang selanjut nya didistribusikan ke seluruh rangkaian. Pada gambar 6.79, rangkaian catu daya dibatasi oleh garis putih pada PCB dan daerah di dalam kotak merah. Daerah di dalam garis putih adalah rangkaian input yang merupakan daerah tegangan tinggi (live area). Sementara itu, daerah di dalam kotak merah adalah output catu daya yang selanjutnya mendistribusikan tega- ngan DC ke seluruh rangkaian TV.

    j.  Defleksi Horisontal dan Tegang- an Tinggi
    Rangkaian defleksi horisontal  berfungsi untuk menye- diakan arus gigi gergaji untuk di- umpankan kekumparan defleksi yoke, sehingga sinar elektron pa- da  CRT  dapat  melakukan scaning pada arah horisontal dengan benar. Selain itu rangkai- an horisontal juga dimanfaatkan sebagai pembangkit tegangan tinggi (High Voltage) untuk anode CRT serta untuk pembangkit be- berapa macam tegangan mene- ngah dan tegangan rendah lain- nya.
    Rangkaian Defleksi Horisontal. Sebagian Berada Di dalam Trafo Flyback

    Bagian-bagian dari rangkaian horisontal meliputi :
     ● Osilator Horisontal
    Sebagai pembangkit pulsa fre- kuensi horisontal. Pada sistem CCIR frekuensi horisontalnya adalah 15.625 Hz, dan pada sis-
    tem FCC frekuensi horisontalnya
    adalah 16.750Hz.
     ● Horisontal Driver
    Horisontal driver dipakai untuk memperkuat frekuensi horisontal dari osilator guna menyediakan arus yang cukup untuk mendriver transis- tor horisontal output (HOT), sehingga transistor HOT berlaku sebagai   sa- klar.
    Horisontal Output (HOT)
    Bagian horisontal output berfungsi untuk menyediakan power arus gigi
    gergaji untuk diumpankan ke kum- paran  defleksi horisontal. Dari  tran- sistor HOT kemudian dikopel secara kapasitip ke kumparan defleksi yoke.
    Pada  umumnya  transistor  HOT  TV
    berwarna  mendapat  tegangan  DC
    sekitar 110 V.
    Trafo plyback (FBT, HVT) dipasang pada bagian HOT, dengan meman- faatkan arus gigi gergaji saat hori- sontal retrace yang dapat menginduk- sikan tegangan sangat tinggi.

    Horisontal   AFC   (Automatic Frequency Control)
    Gambar pada pesawat TV harus sinkron dengan gambar dari pe- mancar TV, oleh karena itu diper- lukan sinkronisasi horisontal dan vertikal.   Rangkaian   High   Pass
    Filter (HPF) dipakai untuk memi-
    sahkan sinyal sinkronisasi hori- sontal, rangkaian ini mudah sekali dipengaruhi oleh noise,   maka osilator horisontal selalu dilengka- pi dengan rangkaian AFC, yang berfungsi untuk menjaga agar fre- kuensi dan phase sinyal horison- tal scanning selalu stabil.
    Pada bagian AFC terkadang dipa- sang VR  pengatur phasa yang berfungsi untuk mengatur posisi horisontal center.
    Dari  keterangan di  atas  untuk  lebih  Jelasnya diberikan blok  diagram khusus bagian warna sebagai berikut:
     Diagram Blok Bagian Warna dari TV

    fungsi setiap blok dari gambar dalah:
    ●    Colour Amp : Suatu penguat krominan yang menguatkan sinyal nada warna (sekitar 4,43 MHz) dengan bandwidth 2 MHz. Didalamnya me- ngandung sinyal (termodulasi) selisih warna yang telah dilemahkan (V dan U) juga terdapat sinyal ledakan (burst sinyal) dengan denyut sin- kronisasi horisontal.
    ●    Colour splitter (pembelah warna) : memisahkan sinyal V dengan sinyal U dimana signal V diputar 180º sedangkan sinyal U tidak dipu-
    tar. Pada blok ini terdapat garis-garis NTSC dan PAL dan beberapa perlawanan.
    ●    Demudulator-V dan Demodulator-U: untuk mendeteksi sinyal V dan sinyal U. Bagian ini menerima gelombang pembawa warna dan sinyal
    secara bersamaan dan harus benar-benar sefasa baik sinyal V mau-
    pun sinyal U. Jika yang diterima sinyal NTSC maka gelombang pem- bawa yang dimasukkan kedemodulator V harus dimasukkan dalam fasa 90°, sedangkan untuk sinyal  PAL gelombang pembawa yang di- masukkan dalam fasa 270°. Jikalau fasa-fasa dari sinyal itu benar, maka sinyal-sinyal ini akan dikuatkan melalui bagian ini dan penguatan untuk kedua sinyal ini tak sama.

    ●    Saklar PAL: selama sinyal NTSC yang masuk, maka saklar PAL me-
    lewatkan sinyal yang berasal dari osilator kristal tanpa disertai perge- seran fasa. Sedangkan saat ada sinyal PAL, maka pelewatan sinyal disertai dengan pergeseran fasa 180°, sehingga menjadi 270°.
    ●    FF (Flip-Flop): saklar PAL didrive dari suatu Flip-Flop atau bistable
    multivibrator. Flip-Flop ini dikemudikan dengan sinyal clock yang di- sebut sinyal identifikasi yang berasal dari diskriminator fasa yang ke- mudian dikuatkan oleh suatu penguat. Dalam sinyal ledakan, setiap pergantian sinyal garis satu ke sinyal garis berikutnya selalu berubah-
    ubah dasanya, karena diskriminator fasapun mengeluarkan suatu te-
    gangan bolak-balik.. Selama sinyal NTSC tegangannya positip, dan selama sinyal PAL tegangannya negatif. Dengan menggunakan sinyal clock positip, naka FF dibawa kekondisi yang sedemikian hingga sa- klar PAL selama sinyal-sinyal PAL memutar sinyal sejauh 180°. Pada saat sinyal NTSC masuk, maka penguat akhir horisontal mengirimkan clock yang membuat FF kekondisi stabil yang lain. Maka sekarang saklar PAL berada dalam kondisi yang tidak memutarkan fasanya sinyal.
    ●    BURST Amp : Penguatan sinyal ledakan mengandung sinyal ledak- an,  sinyal  krominansi  dan    pulsa  dari  penguat  akhir  horisontal. Penguat dapat menguatkan hanya pada saat-saat pulsa horisontal masuk ke penguat. Sinyal ledakanpun dimasukkan selama penguat itu sedang menguatkan, sehingga menghasilkan tegangan output untuk mengontrol BURST Amp melewati ACC dan mematikan warna lewat CK.
    ●    Colour Killer (CK): Untuk menin das penguat warna apabila signal selisih warna / krominan karena sedang menerima siaran hitam putih (azas kontabilitas). Penin- dasan warna ini perlu, agar pada waktu penerimaan hitam putih ba- gian warna tak menguatkan sinyal- sinyal desah yang akan dapat muncul di layar gambar.   Namun demikian apabila ada signal nada warna yang dikirimkan ke penguat oleh ledakan akan dihasilkan te- gangan kontrol sehingga colour killer tidak bekerja (colour killer akan bekerja apabila tidak ada signal BURST yang dikirimkan).
    ●    ACC (Automatic Colour Control) : Blok ini bekerjanya sama dengan AGC yaitu mengontrol penguatan secara otomatis, apabila sinyal ledakan naik yang disebabkan oleh naiknya penguatan colour killer maka BURST Amp menghasilkan tegangan ACC yang merupakan tegangan kemudi yang dikirimkan ke colour amp.
    ●  Demodulator (V dan U) : Untuk memisahkan selisih warna dari SPWnya yang di- buat dirangkaian ini. Disini harus  dibuatkan SPW sebe- sar 4.43 MHz dari kristal de- modulator yang phasanya sa- ma dengan yang dikirimkan selama diterima garis NTSC, SPW digeser 90º sedangkan selama diterima garis PAL SPW   harus   digeser   270º. Hasil demodulator yang ma- sih merupakan signal V dan signal U dikuatkan kembali sehing ga berubah lagi men- jadi selisih warna R-Y dan B- Y (merupakan proses keba- likan dari pemancar).
    ●    AFPC (Automatic Frequency and Phase Control) : ber- fungsi agar phasa dan frekuensi dari SPW persis de- ngan yang dikirimkan (mes- kipun ditindas) maka harus di- adakan pengontrolan teruta- ma tegangan VCOnya.

    Pelacakan Kerusakan TV Berwarna

    Teknik termudah dan cukup dapat diandalkan untuk melacak kerusakan sebuah TV berwarna adalah menggunakan Teknik Gejala-Fungsi (symptom-function), karena dapat dilihat dengan jelas gejala kerusakan gambar yang terjadi  pada layar / CRT maupun gejala kerusakan suara pada speaker.
    Sebagai contohnya: asumsikan bahwa video (penerimaan gambar TV) drive transistor adalah rusak. Ini berarti itu akan tidak ada gambar pada CRT. Apakah ini juga berarti bahwa akan tidak ada raster? tentu tidak, karena raster diproduksi oleh rangkaian defleksi vertikal dan horisontal dan  memerlukan adanya tegangan tinggi, dimana ini  didapatkan dari output  horisontal  trafo.  Jadi  CRT  akan  menyala  tetapi  akan  terlihat sebuah layar kosong. Apakah audio mempunyai efek? tentu tidak Karena sinyal audio mulai keluar sebelum rangkaian drive video. Untuk menyimpulkannya lalu kebenaran bahwa ini tidak ada gambar pada CRT, tetapi ada suara dan raster, hal yang sudah pasti untuk mencurigai salah satunya yaitu drive video atau video output stage.
    Di bawah ini akan diberikan tabel bermacam-macam gejala kerusakan sebuah TV berwarna dan perkiraan fungsi rangkaian mana yang menyebabkan kerusakan itu terjadi.
     GEJALA YANG TERJADI      FUNGSI RANGKAIAN YANG RUSAK
    a.TV mati total (lampu indi kator tak menyala)
    - Rangkaian catu daya. Rangkaian regu- lator input sampai output. Perhatikan gambar 6.82 rangkaian regulator pada PCB TV . Pada umumnya catu daya pesawat televisi mempunyai output tegangan sebesar 115v, 24v, 12v, dan 5v.


    Tanda Panah Menandakan Komponen yang Mudah Rusak.
     b. TV dan lampu indikator mati total serta terdengar suara derit getaran trafo switching.
      - Rangakian horisontal biasanya yang mudah rusak adalah trafo flyback, transistor horisontal dan kapasitornya
     Garis Daerah Merah Menunjukan Komponen yang Mudah Rusak pada Rangkaian Horisontal.
     c. Lampu indikator hidup tapi TV tak dapat dioperasikan.
    - Rangkaian horizontal.
    - Rangkaian regulator, biasanya dioda pembatas tegangan rusak.
    d.  Tak  ada  raster  tapi  suara normal (layar tetap gelap).
    - Rangkaian penguat video, rangkaian penguat cahaya, rangkaian tegangan tinggi atau CRT
    Daerah Tegangan Tinggi
     
    CRT (Catode Ray Tube) Filamennya Mudah Putus

    e. Raster satu garis horizontal.

    - Rangkaian vertikal dan osilatornya.
    - Rangkaian defleksi vertikal.

    f. Garis strip-strip hitam pada layer yang tak dapat hilang.
    - Rangkaian   osilator   horizontal,   bia- sanya kapasitor elektrolit yang sudah kering (terlihat kusam / pecah).
    - Pada TV yang baru jarang dijumpai, biasanya disebabkan komponen yang sudah termakan umur.
    Gambar Strip Hitam Tidak Dapat Hilang dari Raster Meskipun Sinkronisasi Telah Disetel.
     
    g.Sebagian gambar tergeser horisontal.
     
      - Rangkaian    sinkronisasi,    rangkaian buffer video dan rangkaian AGC. Bia- sanya kapasitor elektrolit yang kering atau dioda yang bocor

    h. Gambar bergerak terus ke atas / ke bawah

     - Rangkaian  osilator  vertikal.  TV  yang baru terjadi akibat kapasitor keramik- nya bocor.

    i. Garis hitam miring dan ber- gerak ke atas / ke bawah terus.

    - Rangkaian pemisah sinkronisasi, rangkaian penguat sinkronisasi, rangkaian AGC dan rangkaian penghapus noise.

     j. Gambar menyempit
    Menyempit Kiri / Kanan


    - Rangkaian output catu daya, rang- kaian defleksi horisontal dan kum- paran yoke.


    - Rangkaian output catu daya, rang- kaian defleksi horisontal dan kumparan yoke.

    k. Pelebaran Horisontal
    Gambar Melebar

     - Potensio   pengontrol   lebar   horisontal, rangkaian catu daya dan tegangan anoda CRT.

    l. Pemendekan tinggi gambar
    Gambar Memendek

    - Potensio   Vsize   dan   Vline   dan rangkaian defleksi vertical (tran- sistornya).

    m. Gambar memanjang vertikal

    - Rangkaian defleksi vertikal, potensio   pengatur   vertikal   atau   elko yang sudah kering


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

    Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821