Selasa, 03 Juli 2012

Area gosong pada Tv Sharp



     Kali ini saya coba  membahas area gosong (lihat gambar) tv sharp type 20W250/ 50U500 yang menggunakan IC TDA9381PS/ IX3410CEN4.

Sengaja saya buat catatan ini karena beberapa kali dapat kasus kerusakan akibat area gosong tersebut dimana disitu dilewati beberapa jalur vital yaitu:
  1. Jalur video CBVS-IN.
  2. Jalur ABL.
  3. Jalur hor osc ke hor drive.
  4. Jalur vcc 45v vertikal.
  5. Jalur AFC
Pada jalur video CBVS-IN saya sudah beberapa kali mendapatkan jalur putus karena hangus yang diakibatkan oleh panasnya R B+ ke Hor Dy dan akibatnya tv tidak mendapat signal gambar dan hanya muncul OSD.

Parahnya timah solder yang memuai karena panasnya R tadi bisa bersinggungan/menempel ke jalur CBVS-IN yang mengakibatkan rusaknya IC Chroma yang ditandakan dengan dropnya VCC 8v IC chroma, selain itu juga terbakarnya R dan TR penguat signal video.

Bukan hanya sampai disitu ternyata timah yang memuai juga bisa bersinggungan dengan VCC 45V Vertikal yang mengakibatkan rusaknya IC vertikal dan gosongnya R 505 yang nilainya 33 Ohm.

Setelah Tv menyala gambar kelihatan pucat/ puyeh dan bagian atas agak gelap ternyata VCC Chroma gak ada 8V kerusakan pada R pembatas 15 0hm pemberi tegangan AN7808 melar dan setelah diganti tv kembali normal.

Untuk jalur AFC kadang kita kurang waspada pada pengukuran yang mengakibatkan dzener short dan mengakibatkan gambar bergeser kekiri/kanan dan OSD jadi melebar.

Pada posisi tv hidup tapi kadang tiba- tiba protek atau dengan keluhan setelah dimatikan lama tv jadi protek,
disini terukur pin protek dengan tegangan turun naik dan turun hingga level 1 volt dan protek, ini diakibatkan karena menginduksinya tegangan B+ terhadap jalur yang yang berada disebelahnya karena PCB gosong.

Sekian dulu mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821