Jumat, 12 Desember 2014

LCD TV Sharp Aquos Backlight Kedap-Kedip


Diagnosa
Permasalahan yang dialami adalah ketika kita coba menghidupkan LCD TV ini, Di layar monitor terlihat kedap kedip pada bagian pencahayaannya. Tak lama kemudian LCD TV kembali ke mode standby.
LCD TV SHARP AQUOS
Dimanakah letak permasalahannya? Segera kita selidiki.
Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur tegangan feedback dari Inverter, disini menggunakan Capasitor sebagai media-nya. Pada LCD ini menggunakan 10 buah lampu Neon, Dalam pemasangannya 2 lampu di jadikan 1 . Yang pada akhirnya mempunyai input 5 Chanel untuk output Inverter.
Lampu untuk LCD yang lebih di kenal dengan sebutan CCFL, memang mempunyai batasan dalam kerja-nya. Hasil pemeriksaan kita dapatkan adanya 1 buah lampu yang sudah berkurang Kapasitas-nya. Dengan keadaan yang seperti ini memungkinkan tegangan feedback dari Inverter menjadi di atas rata-rata. Maksudnya tidak sama dengan beberapa nilai feedback yang lainnya, Karena lebih besar tegangan feedback berakibat sistem Protek berfungsi.
Kenapa tegangan feedback bisa lebih besar? Ini terjadi karena tegangan output Inverter tidak terserap semua ke lampu CCFL. Berikut contoh Lampu CCFL yang digunakan pada LCD TV Sharp Aquos:
Lampu CCFL

Disini sudah bisa kita pastikan 1 buah lampu yang bermasalah, Langkah perbaikan sebaiknya adalah dengan mengganti semua lampu. Karena secara teori sudah bisa kita perkirakan dimana awal pemasangan kondisi lampu semuanya sama, apabila salah satu mulai bermasalah kemungkinan lampu yang lain akan mengalami juga.
Tahapan dalam usaha pelepasan lampu CCFL adalah yang paling berasiko, disini kita mesti melepaskan LCD-nya terlebih dahulu karena lampu berada tepat di bawahnya. Tindakan ini memerlukan kesabaran dan ketelitian, jadi pelan-pelan saja.Selesai proses penggantian lampu CCFL kini saatnya kita mencoba kembali menghidupkan LCD TV-nya? Hasinya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
Hasil akhir pemasangan lampu neon :
lampu neon/ ccfl

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821