Rabu, 19 September 2012

Petunjuk Service Monitor LCD LG Mati Total


Monitor LCD merk LG 17" kondisi Mati Total. Solusi untuk Servis Monitor LCD merk LG mulai dari ukuran 15″ - 25″....yg Kondisinya Mati Total.

Pada semua seri FLATRON LCD, kerusakan yg amat sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15″- 25″ ). Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang nonstop 24 jam terus tanpa istirahat sedikit pun.

Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka / lepaskan 4 buah baut di belakang panel. Baut ini mengunci casing panel belakang dengan box metal dari rangkaian regulator dan inverter.
2. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeng pipih (Minus) untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor. Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body, seperti saat kita membongkar remote control.
3. Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1, soket yg menuju tombol panel control di sisi samping.
4. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD (soket-soket inverter dan kabel data LCD) hati2 jangan sampai kabel data nya robek.
5. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekat nya.
6. Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat / keluarkan dari dalam box pelindung ini.
7. Segera dapat anda lihat langsung, ada beberapa elco 2-3 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : C202 ( 470uF/25V ), C203 ( 680uF/25V ) dan C204 (1000uF/25V).
8. Ganti ketiga komponen tersebut.

Sebagai tambahan regulator ini menggunakan transistor utama type : STK 0765, bila sulit mencari penggantinya dapat anda gunakan TR FET type : FS 7UM atau FS10 UM.

0 komentar:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com