Rabu, 19 September 2012

Kerusakan Gambar TV SAMSUNG & POLYTRON Blanking


image
TV merk Polytron dengan kerusakan klasik adalah gambar  blanking putih disertai TV mati / protect. Pada Saat di on kan TV timbul layar putih pada TV dan kemudian mati terprotek untuk menghindari kerusakan tabung, mungkin pada TV produksi lama kerusakan seperti ini tidak akan menimbulkan protect sehingga tidak boleh terlalu lama dalam menyalakannya.
Ternyata setelah dicek kerusakan ada pada penguat RGB, tegangan yang terukur di IC TDA 6107 sangat kecil sekali  <10v .="." 1="1" ada="ada" ditelusuri="ditelusuri" nbsp="nbsp" ohm="ohm" p="p" putus.="putus." resistor="resistor" satu="satu" setelah="setelah" watt="watt"> Terbakar / putusnya Resistor ini disebabkan oleh shortnya IC TDA 6107, jadi penggantian IC dan resistor harus berbarengan.
Kerusakan serupa juga sering terjadi pada TV Samsung , kebetulan tipe IC penguat RGB nya pun sama yaitu TDA 6107 tapi biasanya hanya resistor 1 watt di bagian PCB CRT saja yang short  atau  dibagian diode zenernya saja, namun tetap disarankan untuk memastikan kerusakan anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi  IC penguat RGB dengan cara mengukur resistansi pada masing masing pin IC.
IC TDA yang bagus bila diukur pada pin input RGB ( 1,2,3 ) dan pin out put RGB ( 7,8,9 ) serta pada pin 6 sebagai supply utama tidak boleh short, bila salah satu kaki saja ada yang short maka bisa dipastikan IC tersebut rusak. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada gambar.
Kerusakan blanking seperti ini juga tidak hanya bisa disebabkan oleh rangkaian pada PCB CRT tetapi juga bisa disebabkan oleh kerusakan tabung.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821