Sabtu, 01 September 2012

DETEKTOR KEBOCORAN GAS LPG


DETEKTOR KEBOCORAN GAS LPG
Untuk mendeteksi kebocoran gas LPG komponen utama yang dibutuhkan adalah Sensor LPG yakni Sensor MQ-2. Sensor MQ-2 adalah salah satu sensor sensitif terhadap gas. Bahan utama sensor ini adalah SnO2 dengan konduktifitas rendah pada udara bersih. Jika terdapat kebocoran gas  konduktifitas sensor menjadi lebih tinggi, setiap kenaikan konsentrasi gas maka konduktifitas sensor juga naik. MQ-2 sensitif terhadap gas LPG, Propana, Hidrogen, Karbon Monoksida, Metana dan Alkohol.
Sensor MQ-2 terdapat 2 masukan tegangan yakni VH dan VC. VH digunakan untuk tegangan pada pemanas (Heater) internal dan Vc merupakan tegangan sumber.  Catu daya yang dibutuhkan pada sensor MQ-2 adalah Vc < 24VDC dan VH = 5V ±0.2V Tegangan AC atau DC.
Dibawah ini merupakan gambar bentuk, Modul dan rangkaian sensor MQ-2



Besar nilai dari Resistansi Sensor (RS) = (Vc/VRL -1) x RL …………… (1)
Gambar di bawah ini merupakan tabel nilai Rs/Ro

Perbandingan Rs/Ro adalah perbandingan antara Nilai Resistansi Sensor dari rumus (1) dan Ro adalah nilai resistansi Hidrogen pada 1000 ppm.
Adapun untuk rangkaian  Detektor Kebocoran Gas LPG pada gambar rangkaian di bawah ini.

Untuk mengaktifkan buzzer terhadap besarnya konsentrasi kebocoran gas adalah dengan mengatur variabel resistor R2 pada rangkaian di atas.
Rangkaian di atas dapat digunakan untuk Detektor Asap Rokok, Detektor ambang batas kosentrasi gas CO pada kendaraan, dan lain-lain.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821