Selasa, 26 Maret 2013

Transistor horisontal rusak setelah teve lama dimatikan



Mohon bimbingannya. TV dengan kerusakan kumat-kumat apabila dinyalakan pada posisi dingin (sekitar minimal 5 jam setelah tidak dinyalakan), transistor horisontal mati. Cek sana-sini belum ketemu penyebabnya. Diganti transistor teve langsung oke, temperatur normal. Ini sudah yang ke 3 kalinya. Dalam keadaan mati standby transistor tidak short. Part mana kira-kira yg menyebabkan ini terjadi. Terima kasih

Memang tidak mudah mencari penyebab kerusakan seperti ini. Kadang beberapa teknisi meyerah menghadapi problem seperti ini mengingat korban transistor HOT yang berjatuhan.

Menghadapai problem seperti ini pertama kita harus memahami dahulu secara teori kira-kira hal apa saja yang dapat menyebabkan transistor HOT langsung mati ketika teve dihidupkan, yaitu

Kapasitor resonan pada kolektor HOT yang mempunyai tegangan kerja 1600v nilainya berubah mengecil atau solderan lepas. Hal ini menyebabkan terjadinya tegangan induksi yang sangat tinggi pada tranfo flyback yang menyebabkan transistor rusak. Nilai kapasitor ini cukup kritis oleh karena itu ganti dengan nilai yang sama.
Kumparan horisontal Def yoke rusak terbakar atau short
Flyback rusak pada bagian gulungan primer dimana antara pin-B+ dengan pin-kolektor short.
Tabung gambar rusak (biasanya ada loncatan api didalamnya).
Tegangan B+ over. Kerusakan pada bagian power supply.
(TV lama) Kerusakan pada keramik resonator 500KHz yang menyebabkan frekwensi osilator berubah menjadi tinggi. Biasanya disertai suara ngencrit sebelum rusak.
Kerusakan pada sirkit PH1 (AFC1) seperti resistor, kapasitor atau IC Jungel.
Baca : Kerusakan bagaian horisontal item 4.06

Berdasarkan daftar list diatas maka kemungkinan penyebabnya adalah :

Solderan yang kurang kontak pada kondisi dingin. Coba lakukan re-soldering pada komponen-komponen (1), (6), (7)
Jalur printed yang retak-rambut dimana pada kondisi dingin tidak nyambung. Periksa jalur printed yang berhubungan dengan komponen-komponen (1), (6), (7)
Part yang kadang rusak pada kondisi dingin. Coba ganti part-part pada (1), (6), (7)
Pada saat menghidupkan teve setelah dimatikan lama, ukur tegangan B+. Mungkin ada kerusakan pada bagian power suply dimana tegangan melonjak pada saat kondisi masih dingin.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mencegah agar tidak banyak berjatuhan korban trasistor HOT selama problem masih belum diketemukan. Trik yang biasa kami lakukan adalah :

Memasang lampu dop 100w sebagai ganti fuse pada bagian power suply.
Memasang fuse 500mA atau resistor 1ohm-1/4w pada jalur B+ ke flyback.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821