• Selasa, 26 Maret 2013

    CARA/SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR

    ALAT UNTUK MENGULUNG DINAMO DAN TRAFO

    ALAT UNTUK MENGULUNG DINAMO DAN TRAFO

     
     

    Alat ini sangat membatu dalam proses pengulungan dinamo, terutama untuk dinamo berukuran kecil seperti kipas angin dan juga trafo. Mempunyai 2 speed dg perbandingan 1:3 dan 1:8. Dengan pengertian 1putaran engkol = 3x dan 8x putaran pada as


    Spesifikasi umum :
    -Merk : Palma ( Made In China )
    -Type : Automatic Computer Programmed
    -Max.Capacity : 1 Trafo
    -Max.Coil Diameter : 0.7mm
    -Watt/Voltage : 150W/220V AC
    -Accessories : Foot Switch
    Palma-Coil Winding Machine
    Mesin Coil Winding merk Palma
     adalah mesin yang berfungsi untuk
     menggulung coil/trafo/dinamo.
    Banyak dipakai oleh home-industri
     untuk skala produksi menengah.
     Mesin ini dilengkapi teknologi Automatic
     Computer Programmed untuk mengatur
     banyaknya jumlah gulungan yang
     diinginkan dengan memasukkan angka
     yang dikehendaki, sehingga mesin akan
     berhenti secara otomatis ketika jumlah
     gulungan yang diinginkan telah tercapai.

    CARA MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

    SKEMA CARA MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN 

     

    *Penyambungan kawat pada gulungan starter dilakukan secara SERI (lihat gbr skema). Untuk lebih jelas silahkan klik gambar skemannya






    alat gulung sederhana 

    CARAMENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

     “SEMAKIN BANYAK YANG KITA BISA KERJAKAN MAKA  AKAN SEMAKIN BANYAK PELUANG PEKERJAAN YANG KITA DAPAT”. Menggulung dynamo kipas angin tidaklah serumit memperbaiki tv. Ditinjau dari segi ekonomis atau tarif memang tidaklah terlalu menguntungkan. Tetapi ini hanyalah langkah awal sebagai latihan menggulung dynamo. Jika kita sudah mahir menggulung dynamo kipas angin, menggulung dynamo lain  seperti mesin cuci, pompa air, genset portable, blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit. Kalau sudah sampai pada tahap ini, bisa jadi hasilnya bisa lebih menjanjikan dibanding perbaikan tv. Mengingat analisa kerusakan yg tidak terlalu sulit serta dapat diprediksi dg pasti lama pengerjaan, modal kerja  serta berapa hasilnnya. Belum lagi kawat2 tembaga bekasnya lumayan bernilai sebagai tabungan disaat saat membutuhkan biaya extra.

    keren kipas angin
    Disaat menggulung dynamo kipas angin, jika anda melakukannya secara manual, kesabaran,ketrampilan dan daya ingat anda benar2 diuji agar tidak keliru dalam proses penghitungan dan memasukkan kawat ke dalam keren yg dapat menyebabkan dynamo tidak bekerja dg sempurna dan tahan lama. Maklum kawatnya sangat halus dg jumlah yg lumayan banyak.
    Disini saya coba berbagi dg rekan2 melalui gambar skema yg saya buat dan upload. Mudah2an jadi lebih mudah  untuk dipahami. Standard diameter kawat dan jumlah lilitan yang saya pakai adalah standar dynamo kipas angin Maspion yg kebanyakan beredar di pasaran. Semoga bermanfaat. Kritik dan saran sangat saya harapkan.


    1 set sepul dinamo kipas angin
    gulungan yg sudah jadi

    CATATAN:
    Jumlah lilitan utama bisa ditambah hingga 10% untuk lebih awet dg konsekuensi putaran dynamo sedikit lebih lambat.
    Jika terjadi kesalahan pada arah putaran, dapat diatasi dg jalan hanya membalik posisi keren dynamo atau merubah sambungan kopel pada dynamo. Ada baiknya juga kita mengetahui caranya dg jalan melepas sambungan kawat pada pangkal kawat gulungan utama dan medium speed (high speed/1). Lalu memindakan pangkal kawat medium speed keujung kawat gulungan utama yg sebelumnya ke capasitor lalu memindahkan sambungan kabel ke kapasitor pada pangkal kawat gulungan utama.

     Gunakanlah sebilah bambu/kayu yg diraut tipis pada ujungnya untuk membantu mendorong kawat kedalam lobang lobang keren. Lakukanlah dg hati2. Harap perhatikan arah lilitan untuk setiap kutub.




    Sekadar nambah referensi untuk kipas cina yg tbl kerennya kira2 hanya 1-1,2Cm, kawat yg digunakan 0,12 dan 0,10mm dg jumlah lilitan berkisar 900 - 1200 lilitan. untuk gulungan medium/low speednya tidak lbh dr 20% dari total lilitan contoh: ...total 1000liitan => medium=200, low=200, starter 600. capasitor 1-1,2uf/400VAC. tp kipas cina jrng bisa awet dipake nonstop, dkarenakan kawat dan keren yg digunakan terlalu kecil/tipis sehingga tidak tahan panas.

    1 komentar:

    1. thank ilmunya, Mas saya mau tanya, dari beberapa artikel yang saya baca mengenai pompa air, ternyata ada banyak perbedaan, misalnya:
      1. lilitan utama 5 gulungan, >52,108,107,47,<44
      lilitan bantu 4 gulungan,>79, 170, 108, <99
      2. lilitan utama 4 gulungan, 90, 90, 80, 70
      lilitan bantu 2 gulungan, 180, 180
      3. lilitan utama 4 gulungan, 60,80, 105, 115
      lilitan bantu 4 gulungan,50, 70, 150, 150
      4. pompa air milik saya memiliki 3 gulungan utama dan 3 gulungan bantu
      yang ingin saya tanyakan apa kelamahan dan kelebhan cara penggulungan diatas?terima kasih sebelumnya

      BalasHapus

    Silahkan beri komentar dengan bahasa yang santun, tidak porno dan jangan melanggar sara, terima kasih.

    Terima Service tv panggilan di Sukabumi - 085863334821